Senin, 26 Oktober 2015

Cara Jitu menata Taman yang Indah

Cara Jitu menata Taman yang Indah


Sama halnya dengan menata furniture di interior rumah, taman pun perlu ditata dengan komposisi yang tepat, sehingga terlihat cantik. Ada banyak hal yang patut diperhatikan, mulai dari ukuran taman, hingga jenis daun yang harus digunakan.
Untuk lebih lengkapnya, simaklah beberapa tips berikut ini.




Ukuran taman. Hal ini menentukan jenis tanaman dan desain taman yang sebaiknya diterapkan agar tetap memberikan estetika namun tidak terlihat berlebihan atau berantakan. Area taman yang mungil biasanya juga untuk mengimbangi ukuran rumah yang tidak terlalu luas. Menggunakan desain taman yang simple dan praktis bias dijadikan pilihan, sehingga bisa tetap memberi penonjolan pada desain arsitektur rumah dan tidak terlihat terlalu mendominasi.

penataan Taman. Penentuan desain taman sebaiknya dilakukan pada tahap awal untuk memudahkan pemilihan tanaman maupun ornamen yang akan digunakan. Desain taman ini bisa disesuaikan dengan kondisi atau gaya arsitektur rumah sehingga terdapat keselarasan desain. Hal ini juga menentukan jenis tanaman, baik tampilan daun maupun warna bunga yang akan digunakan. Untuk desain tanaman yang sederhana, bisa menggunakan tanaman berdaun kecil atau menggunakan tidak lebih dari dua warna bunga yang warnanya selaras dengan tanaman daun lainnya.

Ornamen. Adanya ornamen di taman merupakan elemen pendukung estetika taman yang mampu mengentalkan gaya taman yang ingin diciptakan. Misalnya, menggunakan ornamen berupa air mancur yang berbentuk pagoda untuk taman bergaya Jepang, atau ornamen berupa patung anak kecil untuk gaya Eropa klasik.


Komposisi. Cermatilah komposisi dan gradasi penyebaran jenis tamannya, dengan memperhatikan ukuran daun, bentuk dahan maupun rantingnya agar sedap dipandang. Tanaman berukuran besar biasanya diletakkan di bagian sisi atau sebagai pembentuk taman kemudian tanaman berdaun kecil atau berukuran kecil diletakkan di tengah untuk mengisi. Bisa juga dengan membuat satu tanaman berukuran tinggi atau besar sebagai focal point dan disandingkan dengan rumput yang menutupi tanah. Jika malam tiba, pohon tersebut bisa membentuk siluet yang cantik dengan dengan teknik pencahayaan yang tepat.

By RumahHakMilik.com

8 komentar: