Jumat, 23 Oktober 2015

Tips Menata Taman Kecil

Tips Menata Taman Kecil


Bagi anda yang memiliki Taman kecil atau minimalis sebaiknya menonjolkan aksen mempunyai sebidang lahan kecil di depan rumah dan hendak membuatnya menjadi taman, anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

Untuk membuat taman minimalis, ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Bagunan gaya minimalis umumnya bertingkat dengan bentuk kotak atau geometris. Bentuk ini menyembulkan kesan tegas dan kaku. Kehadiran taman diharapkan bisa mengurangi kesan kaku tersebut.

natural dengan material yang tidak terlalu banyak, terutama jika bangunan rumah memiliki jendela ukuran besar. Anda tentu mengetahui pentingnya oksigen dalam sebuah rumah. Kebutuhan oksigen bisa diperoleh dari proses fotosintesis tanaman hijau. Karena itu, perbanyak tanaman hijau di taman minimalis. Oksigen bisa juga diperoleh dari unsur air. Karena itu, menghadirkan kolam plus air terjun atau pancuran, merupakan langkah yang tepat.



Untuk jenis tanaman berbunga, anda juga punya banyak pilihan. Sebut saja, kembang merak, alamanda, terompet, melati, dan kemuning. Tak saja indah, bunga kemuning yang mungil namun wangi bisa sekaligus mengharumkan taman anda.
Tak hanya tanaman hias. Tanaman buah pun bisa anda tampilkan pada jenis taman yang satu ini. Tapi ingat, jangan sembarang tanaman buah.
Sebaiknya, pilih pohon bersosok ramping dan tumbuhnya vertical. Contohnya, pohon ceremai, srikaya, dan delima. Tanaman menjulangseperti glogok tiang atau cemara lilin bisa juga menjadi penghias taman.

Banyak jenis tanaman yang cocok menghuni taman minimalis. Beberapa diantaranya, yakni Caladium Linium, Calathea majestic yang memiliki daun hijau segar, dan Yang liyu, yang kerap menghiasi area tepi kolam.

Tanaman pun bisa di tanam di dalam pot untuk menghemat lahan. Tetapi, anda harus tetap mencermati cara menata pot. Ada ‘rumus’ yang bisa anda terapkan yakni system penataan ganjil atau genap. “Sistem ganjil, misalkan paling depanpot ukuran kecil, serong sedikit letakkan pot ukuran sedang lalu agak besar. Dengan begitu, bentuknya mirip segitiga tapi tidak sama kaki. Bisa juga anda tata pot dalam bentuk segi tiga sama kaki, yaitu dua pot ukuran kecil dan satu ukuran besar. Tidak sulit bukan

7 komentar: