Senin, 26 Oktober 2015

Indonesia dan Properti Industrinya

Indonesia dan Properti Industrinya


Beberapa kota Besar di Indonesia, sekarang mulai dipadati oleh industri perumahan. Sehingga menyebabkan beberapa kemacetan dan juga banjir. Masyarakat belum sadar bahwa kemacetan dan banjir yang melanda kota mereka disebabkan oleh banyaknya perumahan yang dibangun dan mengambil beberapa lahan pertanian. Dan hal itulah yang sangat merugikan. Sehingga kota pun menjadi sumpek dan tidak nyaman dilihat. Biasanya, kota yang dipenuhi oleh banyaknya industri perumahan adalah kota-kota besar misalnya Jakarta dan Bandung. Dan masih ada banyak kota lainnya yang mengalami hal yang sama. Sebenarnya, perumahan yang dibangun tersebut tidak akan menjadi masalah jika jumlahnya menjadi melebihi kapasitas. Sehingga kota tersebut juga kurang perairan. Padahal perairan juga dibutuhkan oleh kota tersebut.

Beberapa kota di luar pulau Jawa pun mengalami hal yang serupa. Bahkan pemerintah setempat sempat melarang dibangunnya lagi perumahan yang mengurangi lahan pertanian. Dan banyak juga keluhan dari masyarakat sekitar. Industri perumahan merupakan suatu industri yang kini sudah berkembang dengan baik. Bahkan gaya rumah modern dengan bahan bangunan yang berkualitas pun ditawarkan pada masyarakat. Harga bersaing ketat. Mereka berlomba memberikan harga seminim mungkin yang sesuai dengan kondisi perumahan tersebut. Hal itu menguntungkan bagi beberapa industri perumahan dan masyarakat yang memang sedang mencari perumahan baru dan unik. Tapi ternyata tidak selamanya menguntungkan. Karena perumahan tersebut juga terkadang menjadi masalah yang berarti bagi kepadatan kota. Maka, pemerintahan setempat di beberapa kota hanya memberi izin jumlah hektar tanah yang terbatas untuk dibangunnya lagi sebuah industri perumahan. Agar kota tidak terlalu ramai dengan banyaknya perumahan yang membuat suatu kota sumpek dan padat.

Selain itu, antisipasi lainnya adalah masyarakat dibiarkan membeli tanah kavling dan membangun rumah sendiri sehingga tidak terlalu banyak perumahan yang memadati suatu kota. Industri perumahan sudah berkembang dengan baik, tapi sebaiknya jangan terlalu memadati kota. Bahkan di pinggiran kota pun kini sudah banyak industri perumahan yang dibangun. Sehingga pemerintah setempat selalu berupaya untuk mengurangi bangunan perumahan tersebut dan juga menghindari lahan pertanian yang hampir setiap hari tergerus oleh adanya bangunan-bangunan tersebut. Kepadatan suatu kota membuat banyak masayarakat yang merasa lelah berada atau tinggal di kota tersebut. Karena hampir di setiap tempat, kemacetan selalu melanda. Lalu apa bedanya kota-kota luar pulau dengan ibu kota Jakarta.

By RumahHakMilik.com

6 komentar: